Rabu, 21 Desember 2011

Sejarah


KEHIDUPAN BANGSA INDONESIA PADA ZAMAN PRASEJARAH
Pembahasan Kehidupan Bangsa Indonesia pada zaman Prasejarah meliputi pembahasan pengertian zaman prasejarah, pembagian zaman prasejarah di Indonesia dan perkembangan corak kehidupan masyarakat pada zaman prasejarah. selain itu, pembahasan ini ini juga mencakup awal dan arah perpindahan nenek moyang bangsa Indonesia dan corak kehidupan nenek moyang pada saat itu.
 
PENGERTIAN ZAMAN PRASEJARAH
Zaman prasejarah adalah Zaman sebelum adanya sejarah (pra=sebelum). Istilah lain zaman prasejarah adalah prehistri (Pre=sebelum ; histori=sejarah). Zaman prasejarah dapat pula diartikan sebagai zaman sebelum adanya tulisan. Oleh karena itu, zaman prasejarah sering juga disebut zaman nirleka (nir=tidak ada; leka=tulisan). Zaman prasejarah ditandai dengan tidak adanya bukti-bukti atau keterangan-keterangan tertulis yang mengungkapkan suatu peristiwa yang terjadi pada masa itu. Zaman prasejarah ini dengan di tandai dengan adanya kehidupan manusia, sedangkan akhir zaman prasejarah ditandai dengan di kenalnya tulisan oleh zaman sejarah. Zaman sejarah atau historis adalah zaman setelah dikenalnya tulisan-tulisan. Tulisan-tulisan itu antara lain terdapat pada batu, kayu, tulang, dan daun.
 
PEMBAGIAN ZAMAN PRASEJARAH DI INDONESIA
Berdasarkan pengertian itu, zaman prasejarah di Indonesia dapat dibagi menjadi zaman batu dan zaman logam.
1. Zaman Batu
    Pada zaman batu, alat-alat dibuat dari batu. Oleh karena itu, zaman ini disebut zaman batu. Pada saat itu logam belum dikenal. Alat-alat dari batu, di antaranya adalah kapak. Alat-alat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mereka masih menggantungkan pada keadaan alam.
   Zaman batu dibagi menjadi zaman batu tua (Palaeolitikum), zaman batu tengah (Mesolitikum), zaman batu muda (Neolitikum), dan zaman batu besar (Megalitikum).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar